Tips ini bisa mempertajam daya ingat Anda.

28 Jul 2015

Ingin punya daya ingat yang sehat dari kecil hingga masa tua tentunya diinginkan oleh semua orang. Apalagi dimasa tua yang seringkali kita temui banyak sekali yang sudah pikun , mudah lupa karena menurunkan fungsi optimal dari otak kita. Tentunya hal ini bisa sedikit diantisipasi dengan menjaga pola nutrisi dan gizi yang kita berikan untuk otak.

1b6919f5c1d85cfa3328cb09eadb2713_berpikir-keras

Yup, jangan kaget kalau kita juga perlu memberikan makanan untuk otak. Karena otak memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan ini. Sebagai alat tubuh yang vital, otak menyimpan banyak sekali informasi yang penting, kalau dianalogikan dengan alat teknologi saat ini maka otak ibarat kartu memori yang dapat menunjang aktivitas / kinerja dari ponsel.

Disini ada beberapa tips cara untuk meningkatkan daya ingat kamu , beberapa makanan ini telah diteliti oleh para scientist akan kandungan dan manfaatnya sangat bagus. Kenapa tidak bukan ? karena tentunya pastilah sangat sehat.

1. Salmon

Ikan berlemak seperti salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3 - DHA and EPA - yang keduanya penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Riset terbaru juga menunjukkan bahwa orang yang memperoleh asupan asam lemak lebih banyak memiliki pikiran lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan. Menurut para ahli walaupun tuna mengandung asam omega-3, namun ikan ini tidaklah sekaya salmon.

2. Telur

Telur dikenal sebagai sumber penting protein yang relatif murah dan harganya cukup terjangkau. Bagian kuning telur ternyata padat akan kandungan kolin, suatu zat yang dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat.

3. Selai kacang

Kacang tanah (peanut) dan selai kacang merupakan salah satu sumber vitamin E. Vitamin ini merupakan antioksidan yang dapat melindungi membran-membran sel saraf. Bersama thiamin, vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk kebutuhan energi.

4. Gandum murni

Otak membutuhkan suplai atau sediaan glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan. Gandum murni memiliki kemampuan untuk mendukung kebutuhan tersebut. Serat yang terkandung dalam gandum murni dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Gandum juga mengandung vitamin B yang berfungsi memelihara kesehatan sistem saraf.

5. Oat/Oatmeal

Oat merupakan salah satu jenis sereal paling populer di kalangan anak-anak dan kaya akan nutrisi penting bagi otak. Oat dapat menyediakan energi atau bahan bakar untuk otak yang sangat dibutuhkan anak-anak mengawali aktivitasnya di pagi hari. Kaya akan kandungan serat, oat akan menjaga otak anak terpenuhi kebutuhannya di sepanjang pagi. Oat juga merupakan sumber vitamin E, vitamin B, potassium dan seng yang membuat tubuh dan fungsi otak berfungsi pada kapasitas penuh.


TAGS


-

Author

Follow Me